Jurnas.com | MUNGKIN bagi sebagian orang, terlalu dini bila membayangkan perkembangan Indonesia menjadi salah satu dari jajaran negara maju di dunia. Pun demikian, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarief Hasan, mengaku cukup optimistis dan berani berharap suatu saat kelak Indonesia bisa merangsek masuk dalam daftar tujuh negara termaju di dunia.

”Itu bukan hal mustahil, dan justru sangat realistis untuk digapai. Ada banyak program pemerintah yang sangat berpihak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ada pemberdayaan koperasi. Ada program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Belum lagi cukup besarnya anggaran pemerintah untuk berbagai bantuan langsung ke masyarakat. Jika ini semua berjalan maksimal, kita pantas berharap pada 2025 kelak bisa menjadi salah satu dari tujuh negara maju di dunia,” ujar Syarief, usai menyerahkan bantuan kepada 33 Koperasi Unit Desa (KUD), di Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu (11/6). Terwujdunya kemajuan Indonesia tersebut, menurut Syarief, bisa dicapai melalui upaya memperkecil tingkat kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup serta penghasilan masyarakat.

Syarief mengemukakan, saat ini tingkat kemiskinan di Indonesia berkisar di level 13,3 persen. Hingga akhir tahun 2011 nanti diharapkan porsi tersebut bisa diredam hingga ke level 12 persen. ”Harapan itu akan ditopang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di tahun ini yang ditarget mencapai 6,8 persen, atau naik cukup signifikan dibanding pertumbuhan ekonomi di 2010 yang sebesar 6,1 persen,” tutur Syarief.

Hal lain yang bisa menjadi tolok ukur, lanjut Syarief, adalah tingkat pendapatan per kapita per tahun masyarakat. Di 2004 lalu, pendapatan masyarakat Indonesia rata-rata masih Rp10 juta per tahun. ”Sedang saat ini (pendapatan per kapita) sudah meningkat menjadi Rp28 juta per tahun. Ini harus diapresiasi. Pemerintah sendiri berharap pendapatan per kapita tersebut sudah tumbuh mencapai Rp45 juta per tahun pada 2014 kelak. Jadi kalau proyeksi ini semua berjalan, impian kita menjadi negara maju itu sama sekali tidak berlebihan. Sangat mungkin untuk diwujudkan,” tegas Syarief

About ichsanryulija

Hal terAneh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s